Cara Mudah Belajar Bisnis Online Yang Sudah Terbukti Berhasil Untuk Pemula

Ilmu-ilmu yang membahas mengenai cara belajar bisnis online sebenarnya sudah banyak tersebar luas di internet, saking banyaknya sampai-sampai Anda bingung harus mulai dari mana.

Betul begitu?

Melalui sedikit tulisan ini, mudah-mudahan kebingungan yang Anda alami akan hilang dan Anda menjadi tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatakan penghasilan dari bisnis online.

Note :
Tulisan ini tidak cocok untuk Anda yang sudah tahu dan sudah pernah menajalankan bisnis online, apalagi untuk Anda yang sudah mempunyai bisnis di dunia online.

Sesuai dengan judulnya, tulisan ini hanya cocok untuk Anda yang merasa masih pemula (belum faham bagaimana cara menjalankannya dan belum pernah mendapatkan penghasilan dari bisnis ini).

Panduan Singkat Untuk Anda Yang Ingin Belajar Bisnis Secara Online

Bukan Hal Teknis Tapi Ini Sangat Penting

1. Luruskan Niat

Meskipun pada akhirnya Anda menginginkan penghasilan dari bisnis ini, tapi akan lebih baik jika kesampingkan dulu tujuan Anda tersebut.

Supaya apa yang Anda pelajari lebih berkah maka lebih baik jika proses belajar yang akan Anda lakukan ini diniatkan untuk beribadah.

Karena sejatinya hasil dari belajar adalah sebagai bonus saja, sementara yang paling penting adalah prosesnya, tentu dengan niat yang lurus

2. Benahi Mindset

Bisnis online bukanlan cara instan untuk mendapatkan penghasilan ataupun kekayaan. Bisnis ini sama saja dengan bisnis konvensional (offline) yang perlu keseriusan, kerja keras dan konsistensi untuk menjalankannya.

Perbedaannya terdapat pada media yang digunakan, meskipun tidak dipungkiri, ada banyak kelebihan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline, seperti…

  • Tidak memerlukan modal yang besar untuk menjalankannya, bahkan hanya berbekal smartphone & data internet saja Anda sudah bisa memulainya.
  • Market yang lebih banyak & lebih luas karena teknologi internet bisa menghubungkan kita dengan orang-orang di seluruh dunia.

Kalau ada orang yang menawarkan Anda “bisnis” yang bisa mendatangkan penghasilan yang sangat besar dalam waktu yang singkat, maka anda perlu hati-hati, supaya Anda tidak terjebak dalam perangkap jaringan penipuan yang marak terjadi di internet.

Mari Kita Lanjutkan…

3. Temukan Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

Ada banyak model bisnis yang bisa Anda kerjakan.

Langkah pertama, silahkan pilih model bisnis yang sesuai dengan Anda (minat, skill dan kondisi Anda).

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa model bisnis online yang bisa Anda kerjakan :

 Jualan Produk / Jasa 

Dari namanya saja sudah jelas, yaitu jualan dan semua orang tahu jualan itu apa.

Jualan Produk Sendiri :

Kalau Anda sudah punya produk sendiri, ya sudah jualan produk sendiri saja.

Jualan Produk Orang Lain :

Nah kalau Anda belum punya produk sendiri, maka jual saja produk orang lain.
Ada 2 sistem yang bisa dikerjakan pada model bisnis ini, yaitu Reseller & Dropshipper, keduanya kembar tapi tak sama.
Jika reseller, kita harus punya stok produk terlebih dahulu, tapi jika dropshipper Anda tak  perlu punya stok, karena ketika ada yang memesan, maka pesanan dikirim dikrim dari supplier dengan nama Anda sebagai pengirimnya.

Jualan Jasa Sendiri :

Ada banyak produk jasa yang bisa dipasarkan secara online, jasa pembuatan website, jasa penulis konten, jasa pembuatan video, jasa rias pengantin, jasa rental mobil, jasa sewa tenda dan masih banyak lagi.

Jualan Jasa Orang Lain (Broker) :

Kalau Anda belum tahu keahlian apa yang Anda miliki yang bisa dijual, maka Anda bisa membantu orang lain untuk menjual produk jasanya. Untuk sistem yang satu ini dinamakan dengan Broker .

 Content Publisher 

Tentu Anda menyadari sering munculnya iklan ketika sedang membaca sebuah artikel di sebuah blog atau ketika menonton sebuah video di youtube.

Orang yang membuat konten (artikel / video) tersebut disebut dengan content publisher. Content Publisher ini mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang muncul pada konten-konten yang mereka buat.

Berikut ini adalah beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk mempublish konten yang Anda buat :

Blog : Umumnya konten yang dipublish di sini berbentuk tulisan dan gambar.

Youtube : Ya, konten yang dipublish di sini apa lagi kalau bukan video.

Instagram : Kalau di sini sudah jelas kontennya dalam bentuk gambar dan video.

Facebook : Saat ini, konten yang bisa dijadikan sebagai media munculnya iklan adalah video

 Affiliate Marketer 

Model bisnis ini sama dengan menjual produk orang lain, hanya saja sistemnya lebih moderen karena menggunakan url khusus / link unik dalam proses pemasarannya.

Ketika konsumen membeli sebuah produk melalui link unik milik Anda, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap transaksi tersebut tanpa harus berinteraksi dengan konsumen.

Secara umum, model bisnis ini biasanya digunakan untuk memasarkan produk digital seperti ebook, software, ecourse dan lain sebagainya.

Tapi dalam perkembangannya, model bisnis ini juga bisa diterapkan untuk produk-produk fisik seperti busana, produk herbal, produk kecantikan, buku dan lain sebagainya.

4. Membuat Website

Jika menajalankan bisnis secara offline, maka Anda harus punya tempat untuk menjalankan bisnis Anda. Tempat tersebut bisa berupa warung, ruko, kantor, gudang dan sejenisnya…

Tapi ketikan Anda menjalankan bisnis secara online, maka tempat-tempat tersebut bisa Anda gantikan dengan sebuah media ajaib bernama website.

Ya, terlepas apapaun model bisnis yang Anda jalankan nantinya, website adalah hal yang wajib Anda miliki.

Anda bisa membuat website secara gratisan dengan menggunakan layanan dari Blogger, WordPress dan kawan-kawannya.

Tapi kalau Anda memang serius ingin berbisnis, maka website berbayar adalah pilihan yang paling tepat.

Disamping penggunaannya yang lebih mudah, website berbayar bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalani.

Untuk mempunyai website berbayar ini, Anda harus menyewa domain & hosting terlebih dahulu.

5. Membangun Akun Media Social

Sekarang perusahan-perusahaan besar saja mempunyai media social untuk berinteraksi dengan konsumen-konsumennya.

Maka tak ada salahnya jika Anda membuat akun media social khusus untuk bisnis Anda.

Terlihat tidak begitu penting memang, tapi ini bisa mendukung perkembangan bisnis Anda.

Udah… pecaya saja…

Anda bisa membuat akun-akun media social di

  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube

Sebenarnya Anda bisa membuat akun di berbagai media social, tapi paling tidak, Anda bisa membuat akun di tiga media social di atas, karena ketika media social tersebut adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

6. Promosikan Bisnis Anda

Model bisnisnya sudah Anda pilih, produknya sudah ada, websitenya sudah jadi. Sekarang saatnya Anda melakukan promosi.

Sebagus apapun bisnis Anda, jika tidak ada seroangpun yang tahu, maka bagaimana bisa bisnis Anda menghasilkan.

Promosi bisa Anda lakukan baik dengan cara gratisan, maupun dengan cara berbayar.

Untuk cara yang gratisan, Anda bisa menggunakan :

  • SEO
  • Social Media Marketing
  • Marketplace

Kalau mau yang lebih cepat, maka cara berbayar adalah pilihan yang tepat. Untuk cara yang berbayar ini, Anda bisa menggunakan :

  • Google Ads
  • Facebook Ads

7. Evaluasi

Manusia tidak akan lepas dari kesalahan dan bisnis apapun yang Anda jalani, tidak akan pernah ada yang sempurna, apalagi perkembangan dan perubahan di dunia digital terjadi begitu cepat.

Tanpa adanya evaluasi, maka cepat atau lambat bisnis Anda bisa wafat.

8. Fokus, Konsisten, Sabar

Jika ada orang yang tidak/belum berhasil dalam bisnis online, itu bukan karena bisnis onlinenya yang tidak bagus.

Tapi lebih kepada personalnya yang kurang baik.

Maka, jika Anda ingin berhasil dalam bisnis online (sebenarnya bisnis apapun), ada beberapa hal yang harus menjadi bagian pegangan ketika Anda menjalankannya, terutama ketika Anda masih belajar.

Fokus : Pilih salah satu model bisnis dan fokus di sana sampai mahir.

Konsisten : Pelajari bagaimana cara melakukannya, kemudian langsung praktekan dengan konsisten dan jadikan itu sebagai kebiasaan Anda.

Sabar : Ketika Anda sudah melakukan semuanya, yang perlu Anda lakukan adalah bersabar. Jika dalam waktu 3-4 bulan belum terlihat hasil yang diinginakn, jangan langsung menyerah karena itu baru permulaan, lagipula Anda masih belajar.

Tempat Belajar Bisnis Online Terbaik Untuk Pemula

Seperti yang sudah disampaikan di awal tulisan ini, bahwa ilmu-ilmu yang membahas mengenai bisnis online itu ada banyak sekali jumlahnya dan itu tersebar luas di internet.

Jadi sebenarnya, apapun yang ingin Anda pelajari (berkaitan dengan bisnis online), semuanya ada di internet, tapi sayangnya ilmu-ilmu itu tersebar dan berserakan dimana-mana, sehingga Anda akan bingung harus memulainya dari mana.

Maka untuk mempermudah anda dalam mempelajarinya, Anda bisa mengikuti rekomendasi berikut ini :

Beberapa tempat belajar ini memang gratis, tapi jangan salah, materi-materi  yang dibagaikan di dalamnya bukanlah ilmu yang murahan.

Banyak orang yang berhasil dalam bisnis online, dulunya pernah belajar di tempat-tempat ini :

panduanim.com

Rasanya para pebisnis online tahu tempat belajar yang satu ini. Materi-materi yang ada di tempat ini bukan hanya teori tanpa isi, semuanya merupakan pengalaman dari sang pemilik yang sudah lama terjun di dalam bisnis online.

Bahasanya yang mudah difahamai, penyampaiannya yang runut serta materinya yang lengkap membuat setiap orang yang belajar di sini tidak merasa bosan meskipun materinya sangat banyak.

navaimtutorial.com

Dulu, ini adalah tempat yang asik untuk belajar bisnis online. Ciri khas tempat ini adalah selalu menyampaikan materi dalam bentuk tulisan lengkap dengan video tutorialnya.

Cara penyampaiannya yang kalem namun tetap menarik dan tidak bikin ngantuk membuat siapa saja tidak bosan untuk mengikuti setiap materi yang disampaikan di sini.

Sayangnya tampat ini sekarang sudah tidak bisa diakses.

www.maxmanroe.com

Untuk Anda yang baru mau terjun ke dalam dunia online, mungkin kata maxmanroe terasa asing di telinga Anda, namun percayalah banyak orang yang belelajar di tempat ini, bukan hanya pemula saja, yang sudah punya bisnispun masih tetap belajar.

ads.id

Materi yang membahas mengenai bisnis online, semuanya lengkap ada di sini. Tapi sayang ilmu-ilmunya tidak tertata dengan baik (berserakan), karena memang ada banyak orang yang membagikan ilmu-ilmunya di sini.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa list dulu materi apa saya yang kira-kira Anda perlukan, kemudian cari materi tersebut di ads.id


Selain belajar di tempat-tempat yang gratis, tidak ada salahnya jika Anda belajar juga di tempat-tempat yang berbayar.

Kelebihan tempat belajar yang berbayar dibandingkan dengan yang gratis adalah suportnya yang maksimal, sampai-sampai Anda bisa bertanya dan konsultasi secara langsung jika ada kendala ketika mempelajari materi-materinya.

Karena di sini Anda harus menginvestasikan sejumlah uang, maka Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya.

Jangan belajar di beberapa tempat secara bersamaan, karena itu akan menghilangkan fokus Anda.

Belajarlah di satu tempat terlebih dahulu sampai benar-benar menguasai ilmu-ilmunya, setelah itu berulah Anda boleh mencoba belajar di tempat yang lainnya.

Untuk yang berbayar, Anda bisa belajar bisnis online di tempat-tempat berikut ini

akademibisnisdigital.org

Di sini Anda akan belajar bagaimana cara membangun bisnis online benar-benar mulai dari dasar. Mater-materinya disampaikan dalam bentuk video tutorial yang bisa diakses di dalam member area.

Ilmu-ilmunya bisa dipraktekan untuk menjalankan berbagai model bisnis, tapi jika Anda masih bingun dan belum punya produk, maka Anda bisa menggunakan produk-produk yang telah disediakan sebagai media untuk mempraketkan ilmu-ilmunya.

Kalau Anda ingin belajar di Akademi Bisnis Digital, silahkan daftarkan diri Anda di sini :
Cara Daftar ABDi (Akademi Bisnis Digital)

misteriyus.com

Kalau di sini, ada beberapa ecourse yang bisa Anda ikuti, silahkan pilih sesuai dengan apa yang Anda butuhkan saat ini.

Sekali lagi, jangan mengikuti semua ecoursnya dalam waktu bersamaman. Pilih satu, pelajari, selesaikan, barulah belajar di tempat yang lainnya…

Mentoring – Bimbingan Belajar Bisnis Online Secara Online

Ketika Anda ingin mendatangi sebuah tempat yang belum pernah anda kunjungi, mungkin Anda bisa pergi sendiri tanpa ada yang menemani.

Tapi jika Anda pergi dengan seorang pemandu, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tersebut, kemungkinan besar akan lebih cepat, karena seorang pemandu tentu mempunyai banyak pengalaman.

Begitu juga ketikan mempelajari bisnis online, Anda memang bisa belajar sendiri, tapi ketika Anda mempunyai seorang mentor, maka waktu yang Anda butuhkan untuk mempelajrainya akan lebih singkat.

Dengan pemikiran itu, maka sangat disarankan agar Anda mempunyai mentor dalam belajar bisnis online ini.

Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan seorang mentor yang bisa Anda ikuti

  • Cari Mentor – Belajar dari yang terbaik. Memang Anda bisa belajar dari siapa saja, tapi jika Anda ingin benar-benar berhasil dalam suatu bidang, maka Anda memerlukan seorang mentor yang benar-benar ahli dalam bidang tersebut.
  • Setelah Anda menemukan siapa mentornya, coba Ikuti semua Media Socialnya
  • Kemudian Subscribe Blognya, Email Seriesnya, Chanel Youtube & Telegramnya
  • Daftar Kursus & Mentoring Online/Offline yang diadakan olehnya

Siapapun bisa sukses di dalam bisnis online, tapi tidak ada satu orangpun yang bisa berhasil dengan usaha sendiri.

Maka jangan belajar sendirian, carilah mentor yang bisa memandu Anda, gabunglah dengan komunitas-komunitas yang bisa mendukung proses belajar Anda.

Semoga sedikit tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda dan keluarga.

Mohon maaf bila banyak kekurangnanya dan semoga semua yang Anda pelajari bernilai ibadah serta bisa mendatangkan penghasilan yang berkah & berlimpah.