Sosial Media Marketing, Model Pemasaran Online Yang Kekinian

Sosial Media Marketing adalah salah satu teknik pemasaran di dunia online dengan memanfaatkan berbagai media sosial (Facebook, Intagram, Youtube, WhatsApp dan lain yang lainnya ) sebagai media untuk menjalankannya.

Sebelum membahas mengenai sosial media marketing, silahkan perhatikan dulu gambar di atas.

Gambar tersebut merupakan hasil riset mengenai sosial media di tahun 2018 yang dilakukan oleh We Are Social.

Dari sekian banyak sosial media yang tersebar di internet, Youtube menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang, setelah itu baru kemudian Facebook, WhatsApp, Instagram dan yang lainnya.

Selama ini sebagaian besar orang menggunakan media sosial hanya untuk senang-senang atau iseng-iseng saja, sekedar untuk mengisi waktu luang atau pengalaih perhatian ketika bosan menghampiri.

Memang tidak salah, tapi akan lebih baik jika sosial media kita gunakan untuk hal-hal yang lebih positif.

Ini adalah sebuah peluang yang sangat “gurih”, jika dimanfaatkan dengan baik, bukan hal yang tidak mungkin media sosial ini bisa membantu perkembangan bisnis Anda yang akhirnya bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lebih banyak ke dalam kantong Anda.

Caranya adalah dengan menjadikan media-media sosial ini sebagai media untuk memasarakan “diri” dan produk-produk yang kita jual.

Ya, ini disebut dengan sosial media marketing, yaitu menggunakan sosial media sebagai media untuk pemasaran.

Coba lihat sekali lagi gambar yang tadi, dari sekian banyak sosial media, ada 4 sosial media yang paling banyak digunakan, dan keempat sosial media tersebutlah yang akan kita bahas di sini.

Youtube

Youtube adalah sebuah media untuk berbagi video. Di sana kita bisa menonton berbagai macam video, mulai dari yang amatiran hingga yang profesional, mulai dari yang iseng-iseng hingga yang benar-benar serius.

Selain menonton, kita juga bisa menjadi seorang video creator, yaitu orang yang membuat dan mengupload video ke youtube.

Selain dipergunakan untuk hiburan, youtube juga bisa digunakan sebagai media untuk memasarkan sebuah produk atau bisnis. Proses pemasaran ini disebut juga dengan youtube marketing

Cara Optimasi Youtube Untuk Marketing

Dari sekian banyak hal yang harus dioptimasi pada youtube adalah KONTEN, hal ini tidak hanya berlaku untuk youtube sebagai hiburan saja, naman untuk keperluan marketingpun ini sangat penting.

Maka jika anda ingin bermain youtube untuk kebutuhan marketing, pastikan konten yang Anda buat adalah konten yang benar-benar bermanfaat, menarik dan berhubungan dengan produk/bisnis Anda tentunya.

Misal :

Jika Anda menjual busana muslim, Anda bisa membuat kontent tentang :

  • Tutorial menggunakan hijab
  • Cara memilih jenis kain yang cocok untuk busana muslim
  • Sharing-sharing tentang fikih untuk wanita
  • Dan lain sebagainy

Yang penting konten-konten tersebut berhubungan dengan produk / bisnis Anda

Mengenai duriasi sebenarnya tidak ada patokan, namun banyak youtube-youtuber yang meyakini bahwa video yang berdurasi sekitar 10 menit adalah video yang bagus, tidak terlalu pendek, tidak juga terlalu panjang.

Kembali lagi, apakah videonya menarik atau tidak?

Meskipun durasinya sangat panjang, tapi kalau vidonya menarik, pasti orang-orang akan suka.

Tapi meskipun durasinya pendek, tapi kalau tidak menarik, dijamin orang-orang akan meninggalkan video Anda hanya dalam hitungan detik.

Keyword

Meskipun tidak wajib, tapi akan lebih baik jika di awal kita melakukan riset keyword terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menentukan tema apa yang akan kita buatkan konten.

Pemilihan kata kunci yang tepat akan membuat orang-orang tepat masuk ke dalam channel kita dan menonton video-video kita.

Oya, keyword ini ada hubugnannya dengan SEO ya…

Channel

Kesan pertama itu penting, maka membuat tampilan channel menjadi lebih menarik itu penting juga.

Konsistensi

Tak perlu terlalu sering menguoload video, tapi jangan juga terlalu jarang. Ambil tengah-tengahnya saja, mislah 1 minggu seklai / 1 minggu 2 kali sudah cukup.

Upload setiap hari memang bagu, tapi pertanyaannya adalah mampu gak kita membuat video yang menarik setiap hari.

Kalau hanya membuat video setiap hari, mungkin masih bisa, tapi menjamin video tersebut menarik, rasanya gak bakalan bisa, kecuali Anda punya tim khusus untuk membuat video2.

Cantumkan produk / bisnis Anda di dalam iontro & outro, begitu juga di dalam videonya. Di sinilah fungsi youtube sebagai media untuk pemasaran.

Orang yang belum tahu produk kita, pasti kepo (ingin tahu) dan akhirnya akan mencari sendiri informasi mengenai produk / bisnis yang kita pasarkan.

Facebook

Facebook adalah media sosial yang diluncurkan pada tahun 2014 oleh  Mark Zuckerberg dan beberapa teman-temannya di universitas harvard.

Saat ini facebook adalah salah satu media sosial yang sangat terkenal di seluruh Indoneisa, bahkan seluruh dunia.

Kita tahu bahwa facebook adalah media sosial, artinya facebook ini mempunyai fungsi sebagai media untuk bersosialisasi.

Tapi tak bisa dipungkiri banyak orang yang menggunakan facebook sebagai media untuk pemasaran, sayangnya sebagian besar dari mereka menggunakan cara yang kurang baik, seperti spam di goroup / status orang lain.

Percayalah, itu bukan cara yang baik. Cara seperti ini tidak akan bisa menumbuhkan bisnis Anda, yang ada hanyalah membuat reputasi Anda rusak dimata orang-orang.

Cara Optimasi Facebook Untuk Marketing

Baik Facebook Personal maupun Facebook Page, keduanya bisa digunakan untuk media marketing, namun yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Facebook Page.

Belajar Dari Kompetitor

Kalau Anda baru terjun ke dunia Facebook tentunya Anda belum tahu apa saja yang harus Anda lakukan. Maka dari itu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah belajar dari kompetitor.

Caranya, Anda bisa melihat beberapa Fans Page yang merupakan saingan Anda, kemudian pelajari berbagai hal yang Ada di sana, seperti :

  • Tampilan depannya seperti apa (foto profil, cover dll)
  • Seberapa sering mereka membuat postingan
  • Postingan-postingan seperti apa yang disukai (banyak like, coment & share)
  • Postingan di jam berapa saja yang interaksinya tinggi.
  • Dan hal-hal lainnya.

Buat Fans Page

Anggap fans page itu sebagai toko Anda. Untuk membuat orang-orang tertarik emgnunjunginya, maka toko Anda harus menarik.

Coba ikuti beberapa tips berikut in i:

  • Brand Anda apa? Gunakan itu sebagai nama Fans Page
  • Meskipun Anda hanya menjual 1 produk, tapi tetap gunakan nama brand Anda untuk nama Fans Page, jangan langsung menggunakan nama produk sebagai nama Fans Pagenya
  • Gunakan Loga yang bagus dan menarik dengan resolusi tinggi sebagai foto profil, jangan menggunakan foto gambar yang buram karena itu akan memberikan kesan yang buruk untuk Fans Page Anda.
  • Masukan juga foto yang menarik & jelas (resolusi tinggi) sebagai cover. Usahakn buat sendiri covernya, jangan menggunakan gambar yang asal-asalan. Anda bisa membuat covernya dengan correl drawa, power point, canva ataupun aplikasi-aplikasi lainnya.
  • Sebisa mungkin isi semua informasi yang harus diisi di dalam Fans Page selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya.

Tentukan Target Pemirsa Anda

Ini ada hubungannya dengan konten-konten yang nanti akan Anda bagian di dalam Fans Page tadi.

Berbeda usia tentu akan berbeda juga jenis konten dan bagaimana cara Anda menyampaikannya.

Jangan sampai target Anda adalah orang dengan usia diatas 30 tahun, tapi konten Anda disampaikan dengan bahasa gaul (kekinian), tentu tidak akan nyambung. Pemirsa Andapun tidak akan suka dengan itu.

Sekali lagi coba perhatikan beberapa fanspage saingan Anda dan lihat seperti apa pemirsanya & seperti apa kontenya. Apakah dengan usia dan konten seperti itu sedah tepat atau belum.

Dari situ Anda bisa belajar & meniru hal-hal yang sudah tepat, dan Anda juga bisa memperbaiki hal-hal yang sekiranya kurang tepat.

Membuat Postingan Di Facebook

Setiap media sosial mempunyai karakter masing-masing, termasuk facebook, berikut ini adalah beberapa tips seputrar postingan untuk Anda share di facebook.

  • Jangan memposting sesuatu hanya dalam bentuk teks saja, usahakan ada medianya (foto/video), karena postingan yang terdiri dari teks itu kurang menarik perhatian.
  • Kalau anda memposting video, jangan menggunakan link youtube, tapi langsung upload saja videonya ke youtube, percayalah ini akan meningkatkan jangkauannya.
  • Untuk postingan berupa gambar, usahakan posting gambar dengan ukuran minimal  472 x 394 px.
  • Untuk postingan berupa link website, pastikan foto yang Ada di website itu berukuran minimal 470 x 246 px
  • Untuk waktu posting silahkan atur jadwalnya, sesuaikan dengan target pasar / pemirsa Anda. Setiap orang mempunyai kesibukan dan waktu luang yang berbeda-beda, silahkan pelajari target pasar/pemirsa Anda kapan sibuknya, kapan waktu luangnya,.

Gabung ke Gorup yang berhubungan dengan produk / bisnis Anda

Karena Fans Page Anda masih baru, tentu postingan-postingan Anda tidak akan ramai dengan like, coment & share, itu hal yang wajar & Anda tak perlu khawatir.

Langkah selanjutny yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan group-group yang ada hubungannya dengan produk / bisnis Anda.

Jangan asal-asalan dalam mencari group, pilih group yang benar-benar berkualitas, ciri-cirinya :

  • Setiap postingan interaksinya tinggi
  • Sering ada tanya jawab dalam postingannya
  • Banyak member yang berbagi informasi-informasi yang bermanfaat
  • Tidak / sedikti sekali spam, kalaupun ada spam, maka admin akan langsung mengeluarkannya.

Setelah Anda bergabung dengan group-gorup yang bagus, Anda bisa sharing hal-hal yang bermanfaat selama beberapa hari, bila perlu Anda juga bisa memberikan ebook, video menarik dan lain sebagainya.

Hal ini akan membuat Anda banyak dikenal oleh member-member di grou tersebut.

Ketika Anda sudah lumayan terkenal, maka Anda bisa mengajak member-member di group tersebut berkunjung & menyukai fans page yang Anda miliki.

Sebenarnya, masih ada banyak tips seputar facebook marketing yang bisa Anda pelajari, tapi hal-hal yang sudah dibagikan diatas paling tidak bisa memberikan gambaran kepada Anda bagaimana cara yang benar dalam menggunakan facebook sebagai media untuk pemasaran

Facebook Ads

Yang baru saja kita bahas adalah Facebook Gratisan yang tentu akan menguras banyak waktu & tenaga untuk menggunakannya.

Kalau Anda tidak punya banyak waktu (sibuk) tapi punya banyak modal, lebih baik gunakan Facebook Ads sebagai media pemasarannya.

Selin tika menghabiskan banyak waktu, cara ini sangat efektif untuk mendatangkan traffik yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.

WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chat yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia.

Orang-orang yang menggunakan smartphone, sebagian besarnya pasti menggunakan whatsapp sebagai aplikasi untuk chating.

Aneh kalau ada smartphone yang tidak terintall whatsApp di dalamnya.

Cara Optimasi WhatsApp Untuk Marketing

Awalnya kehadiran WhatsApp ini memang ditujukan untuk menghubungkan orang-orang secara pribadi melalui chat.

Tapi pada perkembangannya, aplikai chat ini sering digunakan oleh para pebisnis online sebagai alat untuk berkomunikasi antara costumer service & konsumen.

Apalagi ketika WhatsApp Bisnis diluncurkan, dari namanya saja sudah jelas bahwa aplikasi WhatsApp yang satu ini memang ditujukan untuk para pelaku bisnis.

WhatsApp Bisnis

Ada beberapa keunggulan WhatsApp Bisnis dibandingkan dengan WhatsApp biasa, seperti :

  • Ada fitur jawab otomatis – Ini sangat berguna ketika ada konsumen yang chat pertama kali atau ketika ada konsumen yang chat di luar jam kerja. Jadi WhatsApp akan membalas secara otomatis, pesan otomatisnya bisa kit custom sendiri.
  • Ada fitur pesan cepat – Kalau sering ada pertanyaan yang sama dari konsumen, misal mengenai harga produk, maka fitur ini sangat bermanfaat. Jadi ketika konsumen bertanya mengenai harga, kita tinggal mengetik garis miring “/” diikuti kata kunci yang telah kita buat, maka akan muncul pesan cepta mengenai harga produk yang sebelumnya sudha kita buat.
  • Profil Bisnis – Pada bagian ini kita bisa mencantumkan informasi-informasi singat yang  menerangkan tentang bisnis kita,  lokasi, jam buka, bahkan kita juga bisa menyematkan link website bisnis kita.
  • Katalog – Ini fitu baru yang dikeluarkan pada tahun 2019, di sini kita bisa memasukan produk-produk apa saja yang kita sediakan beserta deskripsinya.

WhatsApp Group

Baik WhatsApp biasa maupun WhatsApp Bisnis keduanya bisa membuat WhatsApp Group. WhatsApp Group ini biasa dijadikan sebagai media untuk berdiskusi sesama team atau hanya untuk media silaturahmi bersama keluarga maupun tema-teman.

Tapi saat ini, tidak jarang WhatsApp Group dijadikan sebagai media untuk melakukan sebuah strategi dalam pemasaran.

Mungkin ada yang pernah menawarkan Anda untuk mengikuti Kulwa (kuliah WhatsApp) gratis yang dilakukan di dalam sebuah group.

Ketika Anda mengikuti kulwa tersebut memang konten-konten yang dishare di dalamnya gratis, tapi biasanya di akhir sesi, admin group tersebut akan menawarkan produknya, bisa berupa jasa, produk digital bahkan produk fisik.

Anda jug abisa meniru cara ini, caranya :

  • Persiapkan apa yang nanti bisa Anda share secara gratis di dalam gorup WhatsApp, tentu sesuatu yang dishare tersebut ada hubungannya dengan bisnis / produk Anda.
  • Kemudian buat sebuah kampanye / ajakan untuk bergabung ke dalam group WhatsApp Anda, bisa dengan cara menulisnya di status facebook, instagram, twitter, youtube dan media-media sosial lainnya. Anda juga bisa menggunakan cara berbayar, seperti menggunakan Facebook Ads.
  • Dalam ajakan tersebut, sediakan sebuah form yang harus diisi oleh orang-orang. Datanya terdiri dari Nama & Nomor WhatsAppa.
  • Setelah orang-orang yang mengisi data tersebut cukup banyak (sesuai dengan target Anda), maka Anda bisa memasukannya ke dalam Group WhatsApp.
  • Di dalam Gorup WhatsApp tersebut, silahkan share hal-hal gratis yang sebelumnya Anda tawarkan.
  • Di akhir sesi, Anda bisa menawarkan produk Anda kepada semua anggota group WhatsApp tersebut.

Instagram

Kalau ada media sosial yang populer untuk membagian foto / gambar, maka instagram jawabannya…

Instagram ini sangat populer dan banyak diguankan oleh kaum milenial.

Kepopuleran instagram ini melahirkan istilah-istilah baru seperti selebgram, merupakan akronim dari selebriti instagram.

Selebgram biasanya mengacu kepada jumlah follower yang sangat banyak (bisa sampai jutaan).

Mungkin Ada yang masih belum percaya bahwa follower instagram yang banyak tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi pemilik Akunnya (selgram).

Mereka mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai imbalan karena telah mempromosikan/mengiklankan sebuah produk, bahkan berbagai jenis produk.

Cara Optimasi Instagram Untuk Marketing

Meskipun Anda bukan selebram, Anda juga tetap bisa memanfaatkan instagram sebaga media untuk memasarkan produk/bisnis Anda.

Sama halnya dengan youtube & facebook, hal yang paling penting adalah konten.

Ketika Anda ingin mengoptimasi intagram untuk pemasaran, maka Anda wajib membagiakan konten-konten yang bagus & menarik.

Konten-konten tersebut idealnya memang kita buat sendiri, tapi kalau Anda mempunyai keterbatasan dalam membuat konten, Anda juga bisa menggunakan konten-konten yang telah tersebar di intagram.

Ya Anda bisa mendownload kontennya kemudian menguploadnya kembali di dalam media akun intargram Anda, tentu dengan mencantumkan sumbernya.

Nah, untuk menggunakan intargam sebagai media marketing, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Buat 2 akun instagram – 1 akun intagram berfungsi sebagai toko online, dimana di dalamnya terdapat foto produk beriktu deskripsinya (akun bisnis). 1 akun lagi berfungsi sebagai media untuk membagikan hal-hal menarik sehingga banyak calon konsumen yang follow akun ini (akun publik).
  • Rapihkan tampilan depan dari kedua akun ini, meliputi foto profil yang jelas dan menarik, deskripsi yang singkat namun padat, berikout dengan website / kontak yang bisa dihubungi (Telepon, WhatsApp, Email)
  • Cari konten-konten yang menarik untuk diupload kembali di akun publik Anda, di bagian caption cantumkan akun bisnis Anda, sehingga ketika ada orang yang tertarik / kepo, mereka akan masuk ke dalam akun bisnis Anda.
  • Lakukan hal ini setiap hari secara konsisten, misal 3 kali upload dalah satu hari.

Kalau Anda melakukannya langkah-langkah tersebut dengan benar, cepat atau lambat, foolower di akun publik anda akan terus bertambah, artinya orang-orang yang mengunjungi akun bisnis Anda juga akan semakin banyak.

Kunci dari pemasaran dengan menggunakan instagram ini adalah kesabaran dan konsistensi, karena memang semuanya dilakukan dengan manual sehingga waktu yang diperlukan untuk melakukannya cukup lama.

Tools Untuk Optimasi Instagram

Banyak tools-tools yang bisa membantu Anda untu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Anda bisa mencari tools-tools tersebut di internet.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan tools yang bernama virol.

Tools yang berupa extension yang harus diinstal di dalam google chrom ini cukup populer di Indonesia.

Informasi lengkap mengenai tools yang satu ini, silahkan cari saja di Internet.


Itulah beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan saat ini sebagai media untuk melakukan pemasaran (sosial media marketing).

Kedepan mungkin akan bermunculan media sosial yang bisa Anda gunakan juga media pemasaran, jadi jangan pernah berhenti untul belajar hal-hal baru.

Kalau Anda ingin belajar hal-hala baru di dunia digital / internet marketing / bisnis online dan lain sebagainya, Anda bisa bergabung dengan komunitas Akademi Bisnis Digital.

Ini adalah komunitas positif dimana Anda bisa mempelajari hal-hal baru seputar bisnis digital / bisnis online.

Kalau Anda masih pemula dalam bidang ini, maka ada baiknya jika Anda begabung bersama puluhan ribu member ABDi di seluruh Indonesia.

Kalau Anda mau daftar, caranya ada di sini >>> Cara Daftar ABDi